Peran Media Pembelajaran PKn SD

A.Peran Media Pembelajaran

Peran media sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Karena melalui penggunaan
media, hal-hal yang abstrak dapat dikonkretkan, serta hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan.
Berikut ini merupakan peran media di dalam kegiatan pembelajaran :

a. Penyajian materi ajar lebih standar
b. Membantu pengajar untuk memudahkan dalam menyampaikan materi
c. Kegiatan pembelajaran lebih menarik
d. Kegiatan belajar dapat lebih interaktif
e. Siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran
f. Dapat mempersingkat penyajian materi
g. Kualitas belajar dapat ditingkatkan
h. Siswa mampu belajar dengan optimal

B.Prinsip-Prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media
Memilih media saat melakukan kegiatan pembelajaran tidaklah mudah, terdapat beberapa prinsip yang
perlu diperhatikan saat memilih media. Menurut Sudirman (1991) terdapat tiga kategori prinsip
pemilihan media pembelajaran, yaitu sebagai berikut :
1.Tujuan pemilihan.
Pemilihan media yang akan digunakan harus didasarkan pada maksud pada maksud dan tujuan pemilihan
yang jelas.
2.Karakteristik media pembelajaran
Setap media memiliki karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi keampuhannya, cara pembuatannya,
maupun cara penggunaannya.
3.Alternatif pilihan
Pada hakikatnya, memilih media merupakan suatu proses membuat keputusan dan berbagai alternatif
pilihan.

Adapun prinsip pemilihan dan penggunaan media, menurut sujana (1991), yaitu :
a.Menentukan jenis media dengan tepat
b.Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat
c.Menyajikan media dengan tepat.

C.Dasar Pertimbangan dan Penggunaan Media

Selain prinsip-prinsip pemilihan media, kita juga harus melihat faktor dan kriteria dalam
pemilihan media itu. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

a.Objektivitas. Seorang guru harus objektif, yang berarti guru tidak boleh memilih suatu media
pembelajaran atas dasar kesenangan pribadi.

b.Program pembelajaran. Program pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa harus sesuai dengan
kurikulum yang berlaku, baik isi, struktur, maupun kedalamannya.

c.Sasaran program. Pada tingkat usia tertentu dan dalam kondisi tertentu siswa mempunya kemampuan
tertentu pula, baik cara berpikir, daya imajinasi, kebutuhan, maupun daya tahan siswa dalam
belajarnya.

d.Kualitas teknik. Dari segi teknik, media pembelajaran yang akan digunakan perlu diperhatikan, apakah
sudah memenuhi syarat atau belum.

e.Keefektifan dan Efesiensi penggunaan.
Keefektifan yang dimaksud disini berkenaan dengan hasil yang dicapai, sedangkan efesiensi yang
dimaksud disini berkenaan dengan proses pencapaian hasil tersebut. Ada enam langkah yang dapat anda
tempuh pada waktu mengajar dengan mempergunakan media. Langkah-langkah tersebut sebagai berikut:

1) Merumuskan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media.
2) Persiapan guru.
3) Persiapan kelas.
4) Langkah penyajian materi ajar dan pemanfaatan media.
5) Langkah kegiatan belajar siswa.
6) Langkah evaluasi pembelajaran.

D.Rancangan Media Pembelajaran PKn Sekolah Dasar

Mata pelajaran PKn mempunyai misi membina nilai, moral, dan norma secara utuh bulat dan
berkesinambungan. Tujun PKn adalah untuk membentuk watak warga negara yang baik, yaitu yang tahu, mau
dan sadar akan hak dan kewajibannya. Untuk mencapai sasaran dan target tersebut, dalam pelaksanaan
pembelajaran diperlukan penataan alat, bahan dan sumber belajar agar dapat dilihat dan mudah digunakan
oleh siswa. Sumber belajar dapat berupa media cetak, model, gambar-gambar, laporan dan kliping. Media
pembelajaran dalam PKn harus dapat menstimulus lahirnya proses pembelajaran yang aktif dan kreatif.
Dalam pedoman pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PKn SD, ada beberapa syarat yang harus
diperhatikan untuk media PKn, yaitu :
1) Membawa sesuatu atau sejumlah isi pesan harapan
2) Memuat nilai atau moral kontras
3) Diambil dari dunia kehidupan nyata
4) Menarik minat dan perhatian siswa
5) Terjangkau oleh kemampuan belajar siswa
Merancang media pembelajaran PKn sangat tergantung dari jenis media yang digunakan. Di bawah ini
diulas kembali jenis media yang dapat digunakan/dikembangkan dalam pembelajaran PKn, yaitu :
a. Hal-hal yang bersifat visual, seperti bagan, matriks, gambar, dan data
b. Hal-hal yang bersifat materil, seperti model-model, dan benda
c. Gerak, sikap dan perilaku, seperti simulasi, bermain peran, role playing.
d. Cerita, kasus yang mengundang dilema moral

1.Rancangan Media Audio dalam pembelajaran PKn SD
Fungsi skenario media audio sebagai berikut:
a. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan suara sekaligus melatih ketrampilan
mendengarkan maupun menyimak.
b. Mengembangkan imajinasi siswa terhadap apa yang didengarkannya baik melalui guru maupun media
tape recorder.
c. Memantapkan bagian-bagian yang dianggap penting dari materi ajar yang disampaikan.

2.Langkah-langkah penyajian media audio dalam pembelajaran PKn SD
Sebelum menyajikan media audio terlebih dahulu menyiapkan alat-alat yang akan digunakan
termasuk sarana penunjang seperti aliran listrik atau baterai.
a. Memberi tugas pada siswa untuk terlebih dahulu mempelajari materi yang akan diaplikasikan pada
media audio.
b. Guru menjelaskan pada siswa materi PKn apa yang akan dibahas, kemudian siswa diminta
mempersiapkan segala sesuatu yang dipergunakan misalnya alat tulis.
c. Kemudian audio mulai diperdengarkan, diusahakan agar suara audio dapat didengan semua siswa
dengan jelas. Sehingga siswa dapat menyimak materi dengan jelas.
d. Setelah audio diperdengarkan, guru meminta beberapa siswa untuk mengulang secara garis besar
materi yang telah didengarkan.
e. Guru meminta murid-murid yang lain untuk menanggapi pendapat temannya tadi.
f. Guru member kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti.
g. Guru menyimpulkan materi PKn yang telah disampaikan dan menanamkan konsep nilai, moral, norma
yang menjadi pesan pokok bahasan yang telah disampaikan.

3.Rancangan media gambar atau foto dalam pembelajaran PKn SD
Media ini sangat cocok digunakan di SD, terutama kelas awal, hal itu disebabkan media ini sangat
bermanfaat untuk menkonkretkan hal-hal yang bersifat abstrak dalam bentuk gambar atau foto, yang dapat
menggambarkan prilaku yang baik dan yang kurang baik, sebagai sarana pembentukan moral anak.
a.Fungsi media gambar
1. Mengkonkretkan hal-hal yang bersifat abstrak
2. Mendekatkan dengan objek yang sebenarnya
3. Melatih siswa berpikir konkret
4. Memperjelas suatu masalah
b.Langkah-langkah penyajian media gambar atau foto
1. Menganalisis pokok bahasan/sub pokok bahasan yang akan dituangkan dalam bentuk media atau foto.
2. Menyiapkan bahan-bahan yang digunakan
3. Menugaskan siswa untuk juga menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar
4. Memeragakan gambar-gambar sehingga dapat dilihat dengan jelas oleh semua siswa
5. Guru meminta para siswa mengomentari gambar yang telah diperagakan dan siswa yang lain diminta
memberikan tanggapan terhadap komentar tersebut.
6. Guru menjelaskan materi pelajaran melalui media yang telah disiapkan sekaligus juga menanamkan
nilai moral dan norma yang menjadi target
7. Guru menyimpulkan materi pelajaran sekaligus menindaklanjuti dengan memberikan tugas kepada siswa
untuk memperkaya penguasaan materi pelajaran PKn.

4.Rancangan media over head projector dalam pembelajaran PKn SD
a.Fungsi media overhead projector
1) Meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa untuk belajar
2) Mempermudah guru untuk menyiapkan materi pembelajaran
3) Memperjelas tayangan materi pelajaran sehingga perhatian siswa lebih besar
b.Langkah-langkah penyajian media overhead projector
1) Analisis TIK pokok bahasan yang akan diajarkan
2) Analisis materi pelajaran untuk menentukan jenis media yang diperlukan
3) Analisis keadaan siswa untuk mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam
menerima pelajaran, kecepatan daya serap siswa, serta tingkat perbendaharaan kata yang dipakai.
4) Kembangkan bahan-bahan tersebut kedalam transparan yang telah disiapkan
5) Sajikan transparan dikelas sengan diatur fokusnya sebaik mungkin sehingga apa yang tertera dalam
transparan dapat dibaca dan dilihat dengan jelas oleh semua siswa
6) Sesekali selingi dengan pertanyaan, tanggapan, dan pernyataan dari siswa
7) Guru menyimpulkan materi pelajaran PKn yang telah disampaikan.



Komentar